Welcome...

Sabtu, 30 April 2016

Penjelasan Tentang SSD

 
Penjelasan tentang SSD ( Solid State Drive) - SSD adalah inovasi terbaru dari media penyimpanan data, SSD merupakan media penyimpanan data yang menggunakan Integrated Circuit (IC) yang dirakit sebagai memory untuk menyimpan data secara presisten. Ini sangat berbeda dengan Magnetic Disk yang terdapat pada harddisk. Seperti kita ketahui, harddisk menggunakan komponen elektromekanis yang disana terdapat disk atau platter yang berputar, dan head yang akan bergerak untuk membaca dan menulis pada disk dengan menggunakan elektromagnetik.

SSD memiliki fungsi yang sama dengan HDD, seperti kita ketahui sebelumnya, floppy disk yang dulunya merupakan media penyimpanan data, dan sekarang posisinya telah digeser karena adanya harddisk, begitu pula harddisk kemungkinan akan tergeser karena hadirnya SSD.

Hanya saja SSD sekarang masih belum banyak diketahui oleh pengguna komputer atau laptop. Untuk sekarang orang mungkin enggan untuk menggunakan SSD karena masih terkendala oleh harga dan kapasitasnya. SSD dijual dengan harga yang sangat tinggi dan fantastis.

Kecepatan baca tulis SSD bisa 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melwati proses booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit. Sedangkan waktun yang dibutuhkan HDD lebih lama tergantung dengan spesifikasi, dan yang pasti tidak lebih cepat bila dibandingkan dengan SSD.

SSD yang tersedia sekarang adalah 2,5 inci, itu berarti SSD ini hanya diperuntukan untuk penggunaan laptop. Seiring dengan semakin kecilnya ukuran laptop dan semakin banyaknya pengguna PC tablet untuk menjelajahi web, Anda akan melihat kemampuan SSD yang dapat beradaptasi dengan mudah dengan ukuran laptop/tablet.

Coba simak video perbandingan SSD dengan HDD di bawah ini :


Kelebihan SSD dari HDD antara lain yaitu :
  • Panas atau suhu SSD tidak rendah tidak setinggi HDD.
  • Konsumsi daya listrik sangat kecil, SDD cukup butuh daya kurang dari 1 watt sedangkan HDD membutuhkan daya yang mencapai lebih dari 10 watt
  • Tidak ada putaran motor dan piringan membuat SDD sama sekali tidak berisik.
  • Kecepatan write dan read yang jauh lebih tinggi dibanding HDD.

Kekurangannya hanyalah pada harga yang jauh lebih mahal. Mahalnya harga SSD bisa mencapai 6 kali lipat bila dibandingkan dengan HDD dan kapasitas penyimpanan yang ada saat ini belum sebesar kapasitas yang dapat disediakan oleh HDD.

Sekian ulasan seputar SSD, jika ada pendapat tulis di kolom komentar.. Terima Kasih..

Sumber : www.de-tekno.com, www.gudangilmukomputer.com, www.it-jurnal.com.

Tidak ada komentar: